Sabtu, 26 Mei 2012

Manajemen Waktu

Hmm... dari judulnya udah familiar banget yaak..
Gimanaa siih Manajemen Waktu yang baik tapi enggak ngebosenin ??

Nah.. disini ane cuman mau share aja yaak biar kita itu bisa mencapai target, namun engga bikin kita jenuh.. :D
Pertama, adalah NIAT. Saat kita udah niat, maka niat itu menjadi stimulus agar langkah-langkah kita menuju apa yang kita targetkan.
Kedua, adalah buat Deadline. Kita pilih pekerjaan mana yang harus kita kerjakan terlebih dahulu. Biasanya sih, mahasiswa atau anak sekolah jika mendapat tugas yang jangka waktunya panjang selalu dia tunda terlebih dahulu. Padahal jika kita mengerjakannya diawal, kita lebih bisa leluasa dalam mengerjakan tugas-tugas yang lainnya. Jadi pas waktu pengumpulan itu kita enggak bingung dengan tugas yang kita tunda-tunda tersebut.
Ada beberapa orang yang membenci Deadline. Tapi ane kebalikannya gan. Ane malah lebih suka di deadline daripada enggak. Karena menurut ane deadline itu motivator. Jadi nggak ada alasan untuk nggak ada waktu buat nggak ngerjain.
Ketiga, Buat Jadwal. Ada kalanya manusia itu lupa. Dengan seabrek kegiatan, kadang lupa dengan apa yang harus dikerjakan. Kita punya laptop, buat Sticky Notes dilaptop kita, jadi setiap kali kita buka laptop, kita udah disuguhi sama segudang deadline atau target-target yang pengen kita capai. Kalau pun engga punya laptop, kita pasti punya HP. Dimana hape itu ada yang memiliki alarm atau notes untuk mencatat apa saja yang perlu dikerjakan. Mentok-mentok kalau ndak ada fasilitas notes kita pakai Write Message trus kita simpen ke Draft.
Keempat, Refresing itu perlu gan. Sesekali laah dengan kesibukan yang luar biasa, sempetin buat diner bareng pacar, atau nonton rewo-rewo sama temen-temen, atau pergi tamasya ketika weekend. Banyaak kog... Yang penting enggak bikin "mbatek" sama tugas-tugas.
Tapii... Ada baiknya,, sebelum kita refresing, kita udah menyelesaikan semua tugas-tugas kita. Biar "plong" ^_^ hehehehe
Ohyaa... Kemarin sempet siih chatingan sama seseorang, dia bilang "jangan sampai tugas menghalangi waktu bermainmu". Buat ane, hidup cuma buat main-main aja tu engga seru gan. Nggak ada sensasinya. Nggak ada pengalamannya yang bisa buat cerita anak cucu kita. hahahaha :D.
Semua manusia sama, diberi waktu setiap hari 24jam setiap hari. Pribadi yang baik, itu bisa memilah waktunya sendiri. Karena dia yang tau kapasitas dirinya sendiri, dia yang tau apa saja kesibukan dia. Dan juga jangan lupa, jaga kondisi. Mau kegiatan banyak atau sedikit tapi penyakitan itu enggak bakal enak.
Okee sekian. Semoga bermanfaat :D


0 komentar:

Posting Komentar